Headline :
Loading...

ads

Harga Ayam Kampung Sambut Ramadhan Dengan Kenaikan Harga Hingga 20 persen

Jumat, 20 Mei 2016


Makassar, SuaraMakassar.com - Menjelang Ramadhan harga ayam kampung mengalami kenaikan 15 hingga 20 persen.

"Sekarang harga ayam kampung saya jual tidak kurang dari Rp. 90 ribu per ekor, Minggu lalu masih berkisar Rp. 75 ribu per ekor," kata Muhlis Dg Tangga.

Lebih lanjut Dg Tangga yang sudah 10 tahun menjual ayam kampung di pasar Pa'Baeng Baeng itu menuturkan bahwa kenaikan ini disebabkan oleh permintaan yang meningkat dari banyaknya pesta pernikahan bulan ini.

"Kenaikan harga biasa mi, karena menjelang puasa banyak pesta pengantin. Begitu juga menjelang lebaran pasti ada lonjakan harga bahkan kenaikannya antara 30 sampai 50 persen," lanjut Dg Tangga.

Sedangkan ayam potong masih stabil antara Rp. 25 ribu hingga 27 ribu per kilo gram. Kecuali ayam potong ukuran jumbo yang biasa dijadikan bahan baku bakso juga mengalami peningkatan harga hingga 10 persen. Bisanya harga Rp. 27 ribu, sekarang harga Rp. 30 ribu.

Berdasarkan pantauan Suara Makassar di pasar Terong dan Pa'Baeng Baeng, bahwa ayam jumbo yang sudah di filet  juga mengalami peningkatan harga hingga Rp. 38 ribu per kilo, biasanya Rp. 30 ribuan.
Kenaikan ayam potong ukuran jumbo ini diakibatkan pasokan dari supplier berkurang.

Sedangkan bebek harganya masih stabil yaitu mulai dari Rp. 70 ribu hingga Rp. 125 ribu. Sulit memang menahan laju kenaikan harga- harga menjelang Ramadhan, apalagi mendekati lebaran, kenaikan bisa terjadi dan tidak terkendali. (ia/sm)

0 komentar:

Posting Komentar test