Headline :
Loading...

ads

Tak Dihadiri Rektor, RDP Aliansi Radikal Ditunda

Selasa, 10 Mei 2016
Suasana Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPRD Sulsel


SuaraMakassar.com - Aktivis Mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Radikal melakukan demonstrasi dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di DPRD Sulsel, Jl Urip Sumohardjo, Makassar, Sulsel, Senin (10/5/2016).

Mereka meminta perbaikan pada sistem pendidikan terutama adanya transparansi anggaran di dalam kampus mereka.

Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara-puluhan mahasiswa, pihak universitas dan legislator DPRD Sulsel berakhir deadlock. Hal ini dikarenakan para rektor tidak hadir dalam RDP tersebut.

"Kita mau rektornya harus hadir, jangan cuma perwakilannya saja. Karena di sini, bukan hanya satu aspek saja yang akan dibahas, ada banyak," kata salah satu mahasiswa dalam RDP di gedung DPRD Sulsel, Selasa (10/5/2016).

Sehingga mahasiswa yang tergabung dari berbagai universitas di Makassar, yakni Unhas, UMI, UPRI, PNUP, UNIFA meminta agar RDP tersebut ditunda.

"Kita menginginkan, jika RDP selanjutnya rektor kita harus ada. Sebab yang hadir hari ini, tidak merepresentatifkan tentang persoalan yang ada."

Sementara itu, Syaharuddin Alrif yang memimpin RDP tersebut berjanji, kembali akan menjadwalkan RDP itu, dan akan menyurati rektor universitas untuk dapat hadir.

"Kita akan mereschedule ulang RDP ini. Tapi kita tetap akan sesuaikan waktunya kita, dan waktu rektor. Supaya semuanya bisa hadir," ungkap Syahar.

Dalam tuntutannya, mahasiswa meminta untuk mencabut undang-undang pendidikan tinggi, sebagai akar dari sistem liberalisasi pendidikan tinggi di Indonesia.

Selain itu, mereka menolak segala bentuk kekerasan akademik dan intervensi birokrasi kampus. Meminta jaminan transparansi anggaran kampus.

Menolak pelarangan aktivitas malam terhadap mahasiswa dan lembaga kemahasiswaan di kampus. Menjamin kebebasan pers dalam dunia pendidikan tinggi, dan menolak militerisme dalam kampus.

Berikut suasana orasi mahasiswa di luar gedung DPRD Sulsel :



Suasana Rapat Dengar Pendapat di dalam gedung DPRD Sulsel :


(af/sm)

0 komentar:

Posting Komentar test