Headline :
Loading...

ads

Pasar Takjil Mappanyukki' Ramaikan Ramadhan Tiap Tahunnya

Senin, 06 Juni 2016


Mappanyukki', SuaraMakassar.com - Buka puasa tak perlu repot dan pusing untuk siapkan makanan berbuka puasa, mampir saja di "Pasar Takjil Mappanyukki".

Di pasar ini dijual berbagai macam kue-kue tradisional untuk buka puasa. Ada kolak, cendol, es buah, kue tradisional, kurma dan lainnya. Tidak itu saja bahkan makanan siap saji tersedia seperti ikan bakar, ikan goreng, pallu mara, berbagai macam makanan dari ayam, sayur asem, sayur bening, lode, paria kambu, dan lainnya.

Harga kue dan makanan pun terbilang cukup murah, mulai 2.000 hingga  10.000-an.

"Saya belanja disini karena tidak sempat lagi masak, pulang kerja sudah hampir maghrib, jadi mampir ke sini saja karena sudah tersedia berbagai takjil dan makanan siap saji." kata salah seorang ibu yang singgah berbelanja di lokasi tersebut

Lain lagi dengan  Rudi yang tinggal di Bontoduri, datang ke pasar takjil bukaannya karena isterinya tidak menyiapkan buka puasa,

"Ini untuk melengkapi buka puasa yang tidak bisa dibuat orang di rumah," kata Rudi.

Hari pertama puasa terlihat banyak pengunjung yang datang dan sempat membuat kemacetan. Namun sangat disayangkan lalu lintas hanya ditangani para tukang parkir tanpa adanya pihak Polantas disana.

Pasar musiman yang menempati ruas jalan Mappanyukki Makassar ini sudah berlangsung lama. Frans salah satu penjual yang setiap tahun biasa berjualan di pasar tersebut mengakui bahwa kegiatan penjualan makanan ini sudah lebih sepuluh tahun.

Pasar ini berlangsung selama Ramadan, setiap hari aktifitas mulai pukul 14.00 wita hingga Magrib.
Terwujudnya tempat adalah inisiatif masyarakat di sekitar jalan Mappanyukki. Awalnya hanya penduduk sekitar Mappaanyukki yang jualan. Namun sekarang sudah dikomersialkan. 

"Pengelolaannya cukup baik dan rapi terkesan professional, sehingga sponsor pun siap bekerja sama dengan menyiapkan tenda-tenda. setiap penjual dikutip biaya Rp. 500.000,- selama bulan ramadhan.
Omzet  penjualan antara Rp. 300.000,- hingga Rp. 750.000,-." kata Nurjannah salah seorang penjual disana.

Kehadiran tempat jualan sepertu ini sangat membantu pembeli yang memang rata-rata dari kalangan pekerja yang tidak sempat menyiapkan hidangan buka  puasa untuk keluarganya. Dari kalangan pedagang UKM juga sangat terbantu karena adanya fasilitas tempat menjual. Diharapkan keikutsertaan pemerintah menyiapkan fasilitas serupa di tempat lain, utamanya wilayah timur Makassar. Kalau perlu bukan hanya untuk jualan kue dan makanan jadi melainkan juga penjualan keperluan lain untuk ramadhan.(ia/sm)

0 komentar:

Posting Komentar test