Headline :
Loading...

ads

Sosialisasi Rupiah Kepada Para Tuna Netra

Rabu, 12 April 2017
 
SuaraMakassar.com - Bank Indonesia Wilayah Makassar melakukan sosialisasi uang rupiah tahun emisi 2016 kepada para Tuna Netra di Yayasan Pembinaan Tuna Netra Indonesia, hari ini Rabu 12 April 2017. Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia yang mewakili Diputi Bank Indonesia Jundun Faisal ikut hadir menyaksikan sosialisasi ini. 

Dalam sambutannya, Jundun Faisal mengatakan bahwa Sosialisasi ini yang pertama kali dilakukan dengan tuna netra di Makassar. Bentuk sosialisasi ini akan terus dilakukan kepada seluruh elemen masyarakat, mahasiswa, polisi, kejaksaan, ibu-ibu di pasar, dan lainnya.

Para Tuna Netra yang hadir menyambut baik sosialisasi seperti ini. Karena selama ini kalau mau mengenali uang yang dimilikinya, mereka akan menanyakan kepada orang terdekatnya.
 
Lalu untuk memudahkan mengenalinya, mereka menandainya dengan menempatkan di beberapa tempat. Misalnya di kantong kiri atas disimpan uang lima puluh ribu, kantong kanan atas uang pecahan sepuluh ribu, dan lain sebagainya.
 
Uang baru cetakan tahun 2016 ini sangat memahami kaum difabel. Bank Indonesia memberi Brain Code yang bisa dikenali pecahan berapa. 
 
"Negara sangat mengakomodir tuna terta dengan memberi Brain Code pada uang cetak yang baru diterbitkan ini. Artinya BI tidak membedakan setiap warga negara", ujar Jundun Faisal.
 
Harapan Bank Indonesia bahwa setelah sosialisasi ini, para tuna netra tidak perlu lagi ke sana kemari untuk menanyakan uangnya. Cukup dengan meraba Brain codenya maka sudah bisa mengenali nominal berapa yang dipegangnya. Sehingga bila melakukan transaksi tidak kesulitan, termasuk saat menerima uang dari pihak lain. Dengan meraba saja dapat mengenali uang yang diterimanya.

Reporter : Ahmad

0 komentar:

Posting Komentar test