Headline :
Loading...

ads

Bahaya! Jangan Pernah Memakan Roti Dengan Kondisi Seperti Ini.

Minggu, 07 Mei 2017
SUARAMAKASSAR.COM-Beberapa diantara kita berpandangan bahwa roti yang sudah berjamur sebagian, sayang kalau dibuang, Mubasir. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa roti yang di jual di supermarket atau toko-toko roti hanya dapat bertahan kurang lebih satu minggu saja setelah roti tersebut di produksi.

Terkadang ada beberapa sisa potongan roti yang kita simpan karena merasa mubazir, bila dibuang. Diirislah bagian yag berjamur lalu bagian yang kelihatannya masih baik dipanggang atau langsung makan. Padahal kondisi roti sudah masuk tanggal akhir kadaluarsa. Kita anggap hal itu tidak terlalu masalah.

Roti seperti ini tak lagi menjadi makanan yang layak untuk di konsumsi. Selain dari pada itu, masalah pencernaan pun akan muncul bila mengkonsumsi roti dengan kondisi tersebut.

Marianne Gravely dari United States Departement of Agriculture mengatakan, sebaiknya hentikan kebiasaan makan roti yang telah berjamur sebagian. Meski kita memotong bagian yang berjamur, bukan berarti bagian lain itu aman untuk kita konsumsi. Buang saja roti dan makanan lain bila telah berjamur, karena jamur mikroskopis dapat menyebabkan reaksi alergi dan masalah pernapasan pada beberapa orang.

Menurut Marianne, bahwa jamur dipermukaan roti seperti halnya melihat puncak gunung es. Jangan sekali-kali memakan roti tersebut hanya dengan membuang bagian kecil yang berjamur.
Jamur memiliki benang panjang seperti akar yang tertanam pada makanan. Beberapa jamur, dalam kondisi tertentu, dapat menghasilkan zat berbahaya yang disebut mikotoksin. Dampak paling buruk dari zat ini adalah aflatoksin, yang dapat menyebabkan kanker hati dan ditemukan terutama dalam kacang serta jagung saat panen dan penyimpanan di lumbung.

Selanjutnya bersihkan area di mana roti itu disimpan dan periksalah makanan lain di dekatnya untuk melihat apakah mereka telah terkontaminasi. Pasalnya, jamur dapat menyebar dengan mudah melalui udara atau kontak dengan makanan yang terkontaminasi. (vv/l6/rio)

0 komentar:

Posting Komentar test