Headline :
Loading...

ads

Tradisi Unik Beberapa Negara Sambut Datangnya Ramadhan

Sabtu, 27 Mei 2017
SUARAMAKASSAR.COM - Tradisi unik menyambut datangnya Ramadan tidak hanya ada di Indonesia, banyak negara-negara yang populasinya mayoritas Islam juga memiliki tradisi unik dalam menyambut datangnya bulan suci bagi umat Islam ini. Sebagaimana dimuat di laman Halal LifeStyle, tradisi unit tersebut adalah:  

1. Indonesia

Salah satu tradisi unik di tanah air Indonesia adalah Pawai Obor. Beberapa wilayah Indonesia utamanya yang mayoritas masyarakatnya muslim melakukan acara Pawai Obor setiap tiba bulan Ramadhan. Bahkan pemerintah kota ikut terlibat dalam acara ini. Misalnya wali kotanya ikut melepas rombongan pawai obor mengelilingi kota.


2. Turki

Tidak jauh berbeda dengan umat Islam Indonesia, Muslim Turki pun merayakan datangnya Ramadhan dengan berziarah dan bersuci sebelum mulainya bulan suci. Tapi ada satu hal yang membedakan yaitu “Mahya.” Menjelang Ramadan banyak masjid-masjid di Turki memasang sebuah pesan menyambut datangnya Ramadan dengan lampu-lampu yang digantungkan diantara menaranya.

3. Arab Saudi

Di negara tempat dua kota suci umat Islam berada ini ada sebuah tradisi unik menyambut datangnya Ramadan, yaitu dengan menembakan meriam. Meriam Ramadan yang terletak di kota Mekkah ini menjadi penanda atas mulainya puasa Ramadan dan juga sebagai penanda datangnya waktu berbuka. Meriam Ramadan ini biasanya di letakan di puncak sebuah gunung sebelah timur Masjidil Haram.
4. Albania

Sebagai salah satu negara Eropa dengan mayoritas populasinya Muslim, Albania memiliki tradisi unik memainkan sebuah alat musik bernama “Lodra” beberapa hari sebelum mulainya puasa Ramadhan. Lodra berbentuk sangat mirip seperti gendang, dan biasanya alat musik ini dimainkan bersama dengan seruling memberikan suasana khas menyambut Ramadhan di Albania. Lodra juga digunakan sebagai penanda sahur dan waktu berbuka puasa. (hl/rio)

0 komentar:

Posting Komentar test