Headline :
Loading...

ads

Pasca Harkopnas 2017, HMI Makassar Hadirkan Koperasi Insan Cita

Senin, 17 Juli 2017


Ilustrasi Koperasi Insan Cita Makassar

 Koperasi merupakan organisasi yang bergerak bidang usaha berdasarkan prinsip ekonomi kerakyatan dan berasas kekeluargaan  untuk kepentingan bersama. Kali ini puncak peringataan Hari Koperasi Nasional (HARKOPNAS) yang ke 70 berlangsung di Kota Makassar pada 12 hingga 16 Juli 2017 .

Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar di pilih sebagai tuan rumah karena di anggap merupakan daerah yang menurut data statistik memiliki pertumbuhan ekonomi diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional, yakni Sulawesi Selatan 7,4% dan Kota Makassar 7,9%.

Namun disisi lain peranan koperasi terhadap produk domestik bruto (PDB) hanya berkisar 3,9% masih jauh dibawah saing negara Eropa semisal Perancis, Belanda dan Selandia Baru yang memberi kontribusi 18% hingga 20%. Melihat kondisi ini, Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam ( LEMI ) HMI Cabang Makassar merespon dengan menghadirkan Koperasi Insan Cita Makassar guna menopang peran koperasi terhadap pertumbuhan ekonomi Nasional.

“ Dengan hadirnya Koperasi Insan Cita Makassar, kami optimis mampu memberi sumbangsih terhadap kemandirian mengelola negara dalam memaksimalkan segala potensi sumber daya,  apalagi mirisnya pemerintah pusat saat ini sangat candu mengutang untuk menutupi APBN dan seterusnya ”. Ujar Yusuf K Mariajeng selaku ketua umum HMI cabang Makassar.

Diketahui bahwa utang pemerintah selama 5 tahun terakhir terus membengkak, dari tahun 2012 angka Rp. 1.977,77 triliun naik hingga 2016 sebesar Rp. 3.511,16 triliun, rata-rata rasio sebesar 25,66 dari PDB.  Berdasarkan data  Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu) bahwa utang pemerintah pusat sampai dengan bulan Mei 2017 sebesar Rp 3.672,33 triliun, terdiri dari Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp2.943,73 triliun (80,2%) dan pinjaman sebesar Rp728,60 triliun (19,8%).  Hal ini menjadi titik krusial dan tugas besar semua elemen khususnya pemerintah untuk menyelamatkan Indonesia dan generasinya dari krisis perekonomian.

Audiensi Jajaran LEMI HMI Makassar bersama kadis koperasi dan UKM Kota Makassar, Evy Aprialti, S.E, M.M.


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, Evy Aprialti menyambut baik gagasan ini dan siap mengawal perkembangan koperasi Insan Cita Makassar. “ Segera kami adakan penyuluhan dan kelengkapan administrasi ” Ucapnya saat ditemui di ruangan kerjanya Balaikota Makassar.

“ Selain sebagai laboratorium disiplin ilmu, koperasi ini kami fokuskan pada pengadaan atribut HMI-KAHMI serta beberapa unit-unit usaha lainnya guna menunjang aktifitas ekonomi berbasis keummatan, InshaAllah akan kami resmikan pada saat pelantikan dan semiloknas bulan ini ” Ucap Imaduddin selaku formatur LEMI HMI Makassar.  

Beliau melanjutkan bahwa pemilihan nama Koperasi Insan Cita Makassar sangat kuat akan makna filosofis, “ Insan Cita adalah Identitas Kader yang tertuang dalam Mission HMI yakni insan akademis, insan pencipta, insan pengabdi, insan yang bernafaskan islam, dan insan yang bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur. Semoga saja dengan jalur kewirausahaan ini hal demikian dapat terwujud “. Pungkasnya.

Kontributor : AS.

0 komentar:

Posting Komentar test